RISALA BRANDING

Indonesia dengan segala kekayannya sebetulnya memiliki banyak produk yang berkualitas. Tidak sedikit pelaku UKM yang memiliki produk yang sangat layak untuk dipasarkan secara nasional bahkan internasional. Sayangnya, kualitas produk tersebut tidak dibarengi dengan branding yang tepat. Untuk itu, sebagai branding consulting, RISALA fokus pada pemberdayaan UKM dan produk-produk milik Indonesia. Tentunya, produk yang jelas kehalalannya, baik dan aman.

"Nah, program apa saja yang dapat RISALA sinergikan untuk mendukung
UKM Indonesia?"

riset

Tidak sedikit pemilik modal yang ingin membuat produk baru, bingung. Kira-kira buat produk apa ya? Nah, kalau Anda termasuk kategori ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset, untuk melihat kebutuhan sekaligus memetakan target audience. 

Riset perlu dilakukan sebelum meluncurkan produk baru untuk memahami kebutuhan target audience sehingga produk yang dihasilkan sesuai. Hal ini tentu saja akan berdampak pada penjualan ketika produk dapat memenuhi kebutuhan target audience.

Riset ini juga dilakukan untuk melihat sejauh mana posisi brand Anda di mata target audience (termasuk jika dibandingkan dengan produk kompetitor) sehingga brand owner dapat membuat program-program yang mengarah pada tujuan.

Selain Riset Konsumen, RISALA juga dapat membantu brand owner untuk melakukan riset kualitatif lainnya, misalnya, Focus Group Discussion.

Pembuatan Standard
Operating Procedure

Ketika sebuah usaha melibatkan banyak tim, berhubungan dengan pelanggan atau harus bekerjasama dengan pihak lain, maka pembuatan standar operating procedure (SOP) merupakan hal yang harus dilakukan. Tujuannya, agar sistem berjalan dengan rapi sehingga hemat dari sisi biaya, waktu dan tenaga.

SOP dapat berkaitan dengan sistem kerja yang melibatkan sumber daya manusia, administrasi dan keuangan, struktur dalam berkomunikasi, dan sebagainya.

Masing-masing perusahaan, dengan segala kekhasannya memerlukan SOP yang berbeda-beda juga. Itu sebabnya, sebelum membuat SOP, RISALA akan melakukan riset terlebih dulu sebelum menentukan SOP yang harus diberlakukan. Tenang, rahasia perusahaan akan dijaga dengan baik.

Membangun
Brand Identity

Tidak sedikit produk bagus namun belum memiliki brand. Padahal, untuk dikenal dan tumbuh menjadi besar, brand sangat dibutuhkan. Brand tidak hanya nama, namun juga logo, dan semua atribut yang melekat dengannya.

Tidak cukup hanya dengan memiliki identitas, brand juga perlu memiliki diferensiasi dan positioning, yang membuat brand mampu melekat di benak konsumen.

RISALA membantu pemilik produk untuk memiliki brand dan menghadirkannya dengan cantik.

Pembuatan Video

Salah satu cara mempromosikan produk adalah dengan membuat video. Ada banyak pesan yang dapat disampaikan melalui video. Tidak hanya mengangkat sejarah perusahaan, namun dapat dimaksimalkan misalnya untuk tutorial, sosialisasi aktivitas kegiatan yang dapat mengangkat brand image, dan sebagainya.

Dengan banyaknya channel di media sosial, khususnya Youtube, memudahkan pemilik brand untuk membangun branding dengan membuat konten-konten video.

Promosi Melalui Digital Marketing

Low budget, high impact, measurable

Inilah yang menyebabkan melakukan promosi berbasis internet menjadi primadona. Ada beberapa pemasaran yang dapat dilakukan oleh RISALA:

Pengelolaan media sosial

Mengelola media sosial tidak sekadar posting namun harus memiliki strategi yang kuat agar brand personality juga dapat dilihat di akun media sosial yang dimiliki; dari mulai menentukan brand persona, digital asset role, content pillar, content planning hingga editorial plan. 

Pembuatan konten untuk website, youtube, komunitas online dan platform media sosial lainnya.

Untuk diskusi selanjutnya, hubungi: