Dalam menjalankan sebuah kampanye lewat media sosial, khususnya Instagram, pasti sudah enggak asing lagi dengan kata reach dan impression nih…
Nah, sebenarnya reach dan impression itu apa sih? Mari kita bedah satu persatu yuk!
Reach merupakan banyaknya orang yang melihat konten yang telah kita unggah di Instagram, contohnya jika reach di sebuah post ada sebanyak 500, maka ada 500 orang yang telah melihat konten yang telah kita unggah di Instagram.
Lalu selanjutnya ada impression, nggak seperti reach yang angkanya memperlihatkan banyaknya orang yang melihat konten kita, impression adalah jumlah konten yang muncul ke audiens secara keseluruhan. Biasanya impression memiliki angka yang lebih besar daripada reach, karena konten yang terus muncul di feeds atau explore. Semua perhitungan pada reach dan impression sudah tersedia di akun Instagram bisnis, kalau akun teman-teman belum beralih ke akun Instagram bisnis, maka nggak kelihatan.
Tapi, sebenarnya manfaat reach dan impression dalam kampanye itu apa sih?
Kampanye dilakukan untuk mempromosikan atau melakukan kesadaran tentang merek atau hal tertentu dalam kegiatan bisnis. Supaya tahu kampanye yang kita jalankan berjalan sesuai dan banyak yang tertarik atau nggak, bisa dilihat dari reach dan impression. Apakah yang mengikuti kampanye adalah orang orang yang sesuai dengan target, atau apakah hanya menjangkau pengikut di Instagram atau yang bukan pengikut juga terjangkau oleh konten yang telah dibuat.
Untuk bisa mengetahui itu, reach dan impression adalah jawabannya, jadi manfaatnya cukup banyak untuk mengukur keefektifan sebuah kampanye, kalau sudah cukup efektif bisa dikembangkan melalui komunikasi seperti call to action atau yang lainnya yang menunjukkan interaksi dengan audiens. Nah, maka dari itu penting banget nih untuk meningkatkan reach dan impression, karena semakin banyak orang yang akan melihat kampanye kita yang kita jalankan, maka akan semakin banyak juga orang yang sadar atau terpengaruh untuk mampir bahkan membeli produk yang telah dikampanyekan.
Supaya reach dan impression bisa terus meningkat, Risa punya tip nih…
- Konten yang Menarik Audiens
Agar audiens bisa tertarik, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa sih kira-kira yang membuat mereka tertarik… misalnya audiens kita adalah orang yang suka dengan makanan pedas, bisa banget nih kita membuat konten tentang fakta-fakta cabai, atau makanan-makanan pedas yang wajib banget dicoba. Pokoknya buat suatu hal yang kira-kira audiens akan suka, bisa juga menggunakan fitur polling terlebih dahulu untuk mengetahui mana yang audiens lebih pilih untuk dibahas dan dijadikan konten.
- Tahu Kapan Harus Post
Nggak kalah penting dari membuat sebuah konten, tahu jam kapan harus post penting juga, lho… kira-kira kapan saja waktu aktif main media sosial dari audiens kita, bisa dilihat juga nih di insights yang ada di akun Instagram bisnis. Kalau biasanya audiens kebanyakan aktif jam 12 siang, maka post di jam 12 siang bisa meningkatkan reach juga impression nih… setiap hari bisa berbeda-beda, jadi sesuaikan saja ya…
- Buat Audiens Terlibat
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita bisa banget untuk melibatkan audiens di setiap post yang kita unggah, atau bisa dibilang Call-to-Action (CTA). CTA ini tujuannya supaya audiens merasa ikut berpartisipasi dalam konten yang telah dibuat, contohnya seperti menanyakan pendapat, membuat audiens membeli atau mengunjungi akun Instagram kita, intinya semua hal yang bisa memengaruhi audiens untuk melakukan sesuatu supaya bisa menimbulkan aksi yang diinginkan atau bahkan transaksi.
Selain menciptakan CTA, bisa juga membangun komunikasi antara kita dengan audiens, dengan cara membuat nama panggilan khusus mereka, membuat mereka terlibat dalam segala pembuatan produk dengan cara menanyakan pendapat, selalu hadir ketika mereka butuh sesuatu, atau sekedar menyapa. Hal tersebut mungkin terlihat sepele, namun dampaknya bisa meningkatkan reach dan impression.
- Kerjasama dengan Social Media Influencer dan Komunitas
Untuk menyukseskan sebuah kampanye, bekerjasama dengan social media influencer dan atau komunitas yang sesuai juga sangat membantu, lho. Untuk kerjasama dengan social media influencer, enggak cukup melihat jumlah pengikut mereka tapi aktivitas mereka pun harus sesuai dengan karakter brand kita. Begitu juga dengan komunitas. (Lebih lanjut tentang bekerjasama dengan social media influencer akan dibahas pada artikel lain, ya).
Begitulah cara meningkatkan reach dan impression dalam menjalankan kampanye di Instagram, semoga artikel ini bisa membantu Sahabat Risala yang sedang menjalankan kampanye di media sosial, khususnya Instagram ya!
credit image: